Nama:  UTUT WIJANARKO

Kelas : 2 ic01

Npm : 20408974

Jurusan : T.Mesin

BAB I

PENGANTAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

  • Latar Belakang Pendidikan Kewarganegaraan

Nilai-nilai perjuangan pada era 45’an sangatlah kental menjiwai masyarakat Indonesia namun berjalannya waktu dan berkembangnya zaman maka memudarkanlah nilai-nilai perjuangan tersebut. Pengaruh lain disebabkan juga oleh Globalisasi, karena globalisasi sangat kuat berpengaruh terhadap lembaga-lembagakemasyarakatan internasional,Negara-negara maju yang ikut mengatur percaturan politik,ekonomi,social budaya,pertahanan & keamanan global, dan mempengaruhi keadaan nasional.

  • Kompetensi Yang Diharapkan

Tujuan utama pendidikan kewarganegaraan adalah untuk menumbuhkan wawasan dan kesadaran bernegara, sikap serta perilaku yang cinta tanah air dan bersendikan kebudayaan bangsa,wawasan nusantara, serta ketahanan nasional dalam diri para mahasiswa calon sarjana/ilmuwan warga negara Republik Indonesia yang sedang mengkaji dan akan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni. Setiap warga negara Republik Indonesia harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni yang merupakan misi atau tanggung jawab Pendidikan Kewarganegaraan untuk menumbuhkan wawasan warga negara dalam hal persahabatan,pengertian antar bangsa, perdamaian dunia, kesadaran bela negara, dan sikap serta perilaku yang bersendikan nilai–nilai budaya bangsa.

Kompetensi lulusan Pendidikan Kewarganegaraan adalah seperangkat tindakan cerdas penuh tanggung jawab dari seorang warga negara dalam berhubungan dengan negara, dan memecahkan berbagai masalah hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dengan menerapkan konsepsi falsafah bangsa,wawasan nusantara dan ketahanan nasional. Melalui Pendidikan Kewarganegaraan, warga Negara Republik Indonesia diharapkan mampu “memahami, menganalisa, dan menjawab masalah–masalah yang dihadapi oleh masyarakat,bangsa dan negaranya secara konsisten dan berkesinambungan dengan cita–cita dan tujuan nasional seperti yang digariskan dalam Pembukaan UUD 1945 “.

  • Pengertian Dan Pemahaman Tentang Bangsa Dan Negara

Bangsa adalah orang–orang yang memiliki kesamaan asal keturunan, adat, bahasa dan sejarah serta berpemerintahan sendiri.

Bangsa Indonesia adalah sekelompok manusia yang mempunyai kepentingan yang sama dan menyatakan dirinya sebagai satu bangsa serta berproses di dalam satu wilayah

Nusantara/Indonesia.

Negara adalah suatu organisasi dari sekelompok atau beberapa kelompok manusia yang sama–sama mendiami satu wilayah tertentu dan mengetahui adanya satu pemerintahan yang mengurus tata tertib serta keselamatan sekelompok atau beberapa kelompok manusia tersebut.Atau bisa diartikan sebagai satu perserikatan yang melaksanakan satu pemerintahan melalui hukum yang mengikat masyarakat dengan kekuasaan untuk memaksa bagi ketertiban sosial.

1. Teori terbentuknya negara

a. Teori Hukum Alam (Plato dan Aristoteles).

Kondisi Alam => Berkembang Manusia => Tumbuh Negara.

b. Teori Ketuhanan

Segala sesuatu adalah ciptaan Tuhan, termasuk adanya negara.

c. Teori Perjanjian (Thomas Hobbes)

Manusia menghadapi kondisi alam dan timbullah kekerasan,manusia akan musnah bila ia tidak mengubah cara–caranya.Manusia pun bersatu (membentuk negara) untuk mengatasi tantangan dan menggunakan persatuan dalam gerak tunggal untuk kebutuhan bersama.

Di dalam prakteknya, terbentuknya negara dapat pula disebabkan karena :

a. Penaklukan.

b. Peleburan.

c. Pemisahan diri

d. Pendudukan atas negara/wilayah yang belum ada pemerintahannya.

2. Unsur Negara

a. Konstitutif.:Negara meliputi wilayah udara, darat, dan perairan (unsure perairan

tidak mutlak), rakyat atau masyarakat, dan pemerintahan yang berdaulat

b. Deklaratif :Negara mempunyai tujuan, undang–undang dasar,pengakuan dari negara lain baik secara de jure dan de facto dan ikut dalam perhimpunan bangsa–bangsa, misalnya PBB.

3. Bentuk Negara

a. Negara kesatuan

1. Negara Kesatuan dengan sistem sentralisasi

2. Negara Kesatuan dengan sistem desentralisasi

b. Negara serikat, di dalam negara ada negara yaitu Negara bagian.

  • Negara Dan Warga Negara Dalam Sistem Kenegaraan Di Indonesia

Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah Negara berdaulat yang mendapatkan pengakuan dari dunia internasional dan menjadi anggota PBB. Dan mempunyai kedudukan dan kewajiban yang sama dengan negara–negara lain di dunia, yaitu

ikut serta memelihara dan menjaga perdamaian dunia.

  1. Proses Bangsa Yang Menegara

Bangsa Indonesia menerjemahkan secara terperinci perkembangan teori kenegaraan tentang terjadinya Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai berikut :

a. Perjuangan kemerdekaan.

b. Proklamasi

c. Adanya pemerintahan, wilayah dan bangsa

d. Pembangunan Negara Indonesia

e. Negara Indonesia berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Proses bangsa yang menegara di Indonesia diawali adanya pengakuan yang sama atas kebenaran hakiki kesejarahan.Kebenaran hakiki dan kesejarahan yang dimaksud adalah :

  1. Kebenaran yang berasal dari Tuhan pencipta alam semesta yakni; Ke-Esa-an Tuhan; Manusia harus beradab; Manusia harus bersatu; Manusia harus memiliki hubungan sosial dengan lainnya serta mempunyai nilai keadilan; Kekuasaan didunia adalah kekuasaan manusia.
  2. Kesejarahan. Sejarah adalah salah satu dasar yang tidak dapat ditinggalkan karena merupakan bukti otentik sehingga kita akan mengetahui dan memahami proses terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai hasil perjuangan bangsa.

2. Pemahaman Hak Dan Kewajiban Warga Negara

a. Hak warga negara.

Hak-hak asasi manusia dan Warga Negara telah ditetapkan di UUD 1945 mencakup antara lain pasal 26 sampai pasal 31 yang membahas tentang hal tersebut.

  1. Kewajiban warga Negara

–         Mematuhi peraturan yang berlaku.

–         Bersedia mengikuti keamanan Negara

–         Membayar pajak dan lain-lain.

  • Pemahaman Tentang Demokrasi
  1. Konsep Demokrasi

Demokrasi adalah sebuah bentuk kekuasaan (kratein) dari,oleh, dan untuk rakyat (demos). Menurut konsep demokrasi,kekuasaan menyiratkan arti politik dan pemerintahan, sedangkan rakyat beserta warga masyarakat didefinisikan sebagai warga negara. Demos menyiratkan makna diskriminatif atau bukan rakyat keseluruhan, tetapi hanya populus tertentu, yaitu mereka yang berdasarkan tradisi atau kesepakatan formal mengontrol akses ke sumber–sumber kekuasaan dan bisa mengklaim kepemilikan atas hak–hak prerogratif dalam proses pengambilan keputusan yang berkaitan dengan urusan publik atau pemerintahan.

  1. Bentuk Demokrasi Dalam Pengertian Sistem Pemerintahan Negara.

Ada 2 bentuk demokrasi pemerintahan yaitu :

a. Pemerintahan Monarki (monarki mutlak, monarki konstitusional, dan monark parlementer)

b. Pemerintahan Republik :Pemerintahan yang dijalankan oleh dan untuk kepentingan

orang banyak.

  1. Klasifikasi sistem pemerintahan

ü   Ada 3 sistem kepartaian yaitu :            – Sistem  multi partai (poliparty system),

– Sistem dua partai (biparty system),

– Dan sistem satu partai (monoparty system).

ü   Ada 4 macam system pemerintahan yaitu :

– Sistem pemerintahan diktator (borjuis dan proletar)

– Sistem pemerintahan parlementer

– Sistem pemrintahan presidential

– Sistem pemerintahan campuran

Demokrasi Indonesia adalah system pemerintahan berdasarkan kedaulatan rakyat  dengan bentuk musyawarah untuk mufakat dalam menyelesaikan dan memecahkan masalah–masalah kehidupan berbangsa dan bernegara demi terwujudnya suatu kehidupan masyarakat yang adil dan makmur

  • Prinsip Dasar Pemerintahan Republik Indonesia

Prinsip dasar sistem pemerintahan Indonesia terdapat dalam UUD 1945 yaitu bahwa Indonesia ialah Negara yang berdasar atas hukum.Dan

Landasan Hubungan UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia meliputi:

1. Pancasila

2. UUD 1945

3. Implementasi konsepsi UUD 1945

4. Konsepsi pertama tentang Pancasila sebagai cita–cita dan

ideologi Negara

5. Konsepsi UUD 1945 dalam mewadahi perbedaan pendapat

dalam masyarakat

6. Konsepsi UUD 1945 dalam infrastruktur politik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: